Ruang Cerdas Mizan Amanah Yang Bikin Betah


Kita tahu bahwa perpustakaan adalah tempat di mana referensi ilmu pengetahuan baik buku, majalah atau lainnya berada. Perpustakaan tidak selalu berada di sekolah atau di kampus, namun perpustakaan juga berdiri sendiri serta terdapat di tempat-tempat strategis ataupun di tempat tenang.

Lalu bagaimana jika perpustakaan dibuat semenarik mungkin? Bahkan sengaja perpustakaan dibuat dengan disain interior yang menakjubkan, sehingga membuat pengunjungnya betah? Seperti impian memiliki perpustakaan yang nyaman hanya tinggal beberapa langkah lagi. Contohnya asrama Mizan Amanah di Kota Cimahi yang baru didirikan ini memiliki interior yang bagus.

Dekorasinya yang cerah dengan pewarnaan yang tepat membuat siapapun betah berlama-lama di dalam perpustakaan.  Tapi masih ada ganjalan di dalam perpustakaan itu. Fasilitas yang belum lengkap seperti buku-buku yang belum banyak terkoleksi.

Menurut Staf Pendidikan Asrama Mizan Amanah, Abdul Jabar, perpustakaan yang baru dibangun tersebut baru memiliki 120 buku saja.“Yang diperlukan itu buku pelajaran yang menunjang minat baca yang sangat tinggi dari penghuni asrama ini.  Masih banyak lemari yang kosong karena belum terisi buku,” kata Abdul.

Perpustakaan juga sudah diisi komputer yang sudah terkoneksi intenet sehingga penghuni asrama bisa lebih luas memahami dunia dengan ilmu yang pernah didapat. Tapi tak sembarangan buka internet sehingga perlu diawasi penggunaanya.

“Penghuni asrama mendapatkan jatah waktu dua jam setiap harinya untuk berinternet. Ketika membaca maupun browsing internet harus diawasi. Dengan demikian anak-anak tidak membuka situs yang tidak senonoh,” tandasnya.

Ia berharap, secepatnya perpustakaan ini segera terisi dengan buku-buku berkualitas. “Jika ada yang ingin menyumbang, ya silakan saja. Tapi  kita tidak selalu menerimanya sebab harus melalui penyaringan agar tidak salah didik,” kata Abdul.

Abdul menambahkan, selain perpustakaan juga ada kegiatan lainnya yakni latihan bela diri Taekwondo. Semua penghuni asrama pun ikut berlatih bela diri yang diselenggarakan mulai bulan ini. “Hanya saja, seragam buat murid Taekwondo belum ada, sehingga hanya masing-masing pakaian yang ada pada mereka.

Posting Komentar