Asrama Cinere: Ramadhan Khatam Al-Qur'an


Aktivitas keagamaaan di tiap asrama Mizan Amanah di seluruh Indonesia meningkat drastis saat Ramadhan. Seperti di Asrama Cinere, Jakarta Selatan, anak-anak diajak untuk khatam Al Quran di bulan Ramadhan.

Nur Diansyah selaku Kepala Asrama Mizan Amanah Cinere menargetkan, untuk anak-anak nantinya dapat khatam Al-Qur'an pada bulan Ramadhan ini. Kegiatan tadarusan ini dimulai sehabis setiap shalat lima waktu.

"Setiap sehabis shalat lima waktu anak-anak di wajibkan untuk tadarusan. Masing-masing anak nantinya sehabis shalat harus membaca sebanyak 50 ayat Al-Qur'an, selama bulan Ramadhan ini,"cerita dia.

Sebanyak 20 anak yang tinggal di asrama tersebut ikut berpuasa, usia mereka mulai dari TK sampai SMP. Selama Ramadhan ini semua kegiatan anak-anak selama di asrama sama saja pada dasarnya seperti hari di luar Ramadhan, seperti sekolah, les dan lain-lain.

Hanya saja jika untuk Tadarus atau Baca Qur'an di hari di luar ramadhan itu dilaksanakan setiap sehabis shalat Maghrib, sedangkan untuk bulan Ramadhan ini tadarusan dilakukan setiap sehabis shalat wajib lima waktu. "Masing-masing anak nantinya ditarget untuk membaca Al-Qur'an sebanyak 50 ayat, setiap sehabis shalat lima waktu nantinya," ungkapnya lagi.

Aktivitas lain yang biasanya marak saat Ramadhan anakanak biasa diundang atau dikunjungi untuk buka atau sahur bersama. "Untuk kegiatan kunjungan dan undangan dari para donatur saat ini belum ada, biasanya setelah seminggu Ramadhan kita baru dapat kunjungan dan undangan dari donatur," jelas pria yang pernah selama 3 tahun ini menjabat sebagai Kepala Asrama Mizan di Klender ini.

Posting Komentar