Menjadi Pemimpin Efektif Melalui Leadership Training


JAKARTA - Mizan Amanah bekerjasama dengan Hardhismart Consulting Bogor menggelar pelatihan kepemimpinan tingkat manajer di Ruang Training Kantor Pusat Mizan Amanah Jl. Kesehatan Raya No. 16, Bintaro, Jaksel. Ketua Panitia Leadership Manager Training, Budi Suhendar mengatakan, pelatihan dengan pembicara. M. Shobrie Hardhi ini memamparkan tentang bagaimana menjadi pemimpin yang efektif, keahlian apa saja yang harus di miliki seorang leadership, termasuk dalam mengelola bawahan.

“Selama ini belum pernah diadakan pelatihan tentang leadership yang merupakan syarat utama bagi pimpinan Mizan Amanah dari mulai  level direktur , manajer dan supervisor. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat mengetahui akan fungsi, tugas serta tanggungjawab untuk menjadi pemimpin yang efektif,” jelas Budi kepada Sahabat Mizan Amanah, (13/4).

Menurut Budi, dalam pelatihan yang diikuti 9 peserta ini banyak manfaat yang didapat antara lain peserta mengetahui akan fungsi masing-masing lini dari tingkat direktur, manajer dan supervisor. “Peserta juga mendapatkan wawasan tentang bagaimana mengelola bawahan dan diajarkan keilmuan tentang interpersonal skill, komunikasi efektif,manajemen rapat, dan materi lainnya,” kata Budi.
Sementara pemateri Shobrie Hardhi lebih detil menjelaskan kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain  atau sekelompok orang sedemikian rupa sehingga perilaku tersebut menjadi pendorong kuat bagi tindak-tanduk yang positif untuk mencapai tujuan bersama.

Implikasinya dari kepemimpinan ini, papar Shobrie, antara lain menyangkut orang lain, bawahan atau pengikut. Kesediaan untuk menerima pengarahan, pembagian kekuasaan tidak sama antara para anggota dan pemimpin, dan bagaimana menggunakan pengaruh  agar bawahan mau melaksanakan tugas-tugasnya.

“Seorang pemimpin juga dituntut memiliki kompetensi antara lain punya impian ke masa depan,menguasai dan mampu melakukan perubahan,mampu menentukan desain dari organisasi, mau dan mampu untuk belajar, mempunyai inisiatif yang besar untuk berbuat, menguasai interdependensi,punya integritas dan standar yang tinggi, serta mampu mengambil keputusan dengan acuan perspektif yang sangat luas,” beber Shobrie. Banyak hal lagi yang dipelajari dari elatihan ini antara tentang tipe-tipe dan gaya kepemimpinan, tugas dan tanggungjawab pemimpin, organisasi dan tim, budaya dan etos kerja serta komunikasi efektif.

Posting Komentar