Sahur, Belajar Menjadi Pemimpin


Ramadhan ini menjadi bulan yang untuk jadi pemimpin bagi Andri Mulyawan. Murid SD kelas lima ini, dipilih kepala Asrama Mizan Amanah Kalideres untuk menjadi KM (ketua murid) Selama Ramadhan.
Tanggung jawab Andri adalah untuk selalu bangun di awal sahur, dan mengajak teman-temannya untuk bangun sahur. Kegiatan bangun sahur di asrama mulai pada pukul 03.30 wib. Setelah sahur, anak-anak bersiap untuk melaksanakan ibadah sholat subuh, tadarusan, bersih-bersih dan beristirahat atau bermain.

"Sebanyak 14 jumlah anak mukim di asrama ini, dan alhamdulillah mereka semua berpuasa dengan lancar. Untuk menjaga motivasi mereka tetap berpuasa biasanya kami menawarkan reward bagi yang berpuasa penuh. Karena mereka masih anak-anak kan kita tidak bisa tekan begitu saja untuk berpuasa," ungkap Acep selaku kepala asrama Mizan Amanah Kalideres ini. Bentuk rewardnya sesuai keinginan si anak.

Usia anak rata-rata di asrama ini adalah 7-12 tahun, mereka semua masih berstatus Sekolah Dasar (SD). Ditanya soal kegiatan asrama selama Ramadhan, pria yang pernah selama lima tahun menjabat sebagai staff pengajar di asrama Cimahi ini mengungkapkan, "Untuk kegiatan kita sama dengan asrama-asrama Mizan lainnya. Biasanya untuk bulan Ramadhan ini kan banyak kegiatan baik itu undangan dan kunjungan dari para donatur,” jelasnya lagi.

Posting Komentar